Juznia's Blog

Mengenal Buku Tanaman Hias Tempo Dulu

2 komentar
Teman teman salam literasi,

Di tulisan saya sebelumnya, saya tulis artikel tentang buku antikuariat. Saya pilihkan buku antikuariat tentang budidaya tanaman hias dalam ruangan yang diterbitkan pada tahun 1928. Penasaran ya? Mari kita baca resensi buku yang berjudul Kamer Planten yang dibuat oleh Bambang Winarko,rekan pustakawan di PUSTAKA.

Mengenal Buku Tanaman Hias Tempo Dulu


RESENSI BUKU

Judul Buku : Kamer Planten
Penulis : A. J. van Laren
Bahasa : Belanda
Penerbit : Uitgave Verkade's Fabrieken,
Tahun Terbit : 1928
Jumlah halaman 1 : 102

Buku antikuariat yang berjudul “Tumbuhan Ruangan” ini merupakan media untuk mempromosikan hobi menanam di rumah. Buku ini lebih berupa album mengenai tanaman hias. Di dalamnya, terdapat gambar-gambar artistik dari berbagai spesies tanaman ruangan yang indah. Sebagian besar merupakan tanaman dari luar negeri yang nama Belandanya-pun belum diketahui. Oleh karena itu, tanaman ini diberikan nama dengan nama ilmiahnya (spesies, genus, atau varietas). Seringkali diberikan inisial nama ahli botani yang memberikan nama tersebut dengan tujuan agar tidak salah dalam menyebutkan nama dengan tanamannya.

Penulis mendefinisikan tanaman ruangan sebagai tanaman yang dicari untuk keindahan daun atau bunga dan dapat secara teratur tinggal dalam ruangan, tumbuh di sana dan mungkin berbunga. Tanaman ini dapat bersifat sementara maupun permanen.

Dalam buku ini, selain petunjuk umum mengenai tanaman ruangan, budidaya dan perbanyakan tanaman juga dikemukakan. Bagian pertama menguraikan secara rinci cara merawat tanaman seperti menyiram, membersihkan tanaman, memberantas hama dan penyakit dan lain-lain. Pada bagian kedua diuraikan tanaman hias daun. Pada bagian ketiga membahas mengenai tanaman berbunga. Sedangkan bagian keempat menguraikan tanaman merambat. Terakhir, pada bagian kelima diulas tentang perbanyakan tanaman.

Tidak salah lagi apabila penulis menyatakan buku ini sebagai sebuah album. Kelebihan dari buku ini adalah gambar tanaman hias ruangan yang indah sebagai contoh dari tanaman yang disajikan baik gambar berwarna maupun hitam putih. Selain itu, terdapat uraian yang detail dari penulisnya untuk tiap topik bahasan, misalnya pada bagian penyiraman, disampaikan kebutuhan tanaman pada kondisi yang berbeda-beda. Kelebihan lain adalah adanya indeks / daftar tanaman hias yang ada dalam buku ini yang disusun secara alfabetik disertai keterangan pada halaman berapa tanaman tersebut berada. (BeWe2022)

Akses lengkap buku dapat diperoleh di: Layanan PUSTAKA Jl. Ir. H. Juanda No. 20 Bogor.

Juznia Andriani
Assalamualaikum teman teman . Salam literasi. Perkenalkan saya Juznia pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Saya sangat menyukai dunia literasi, saya beranggapan dengan literasi akan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hobi saya membaca dan menulis serta traveling. Dengan membaca akan menambah wawasan, dengan menulis akan berbagi pengalaman ditambah traveling akan menambah semangat atau energi baru untuk berkarya.

Related Posts

2 komentar

  1. Buku yang unik ini, Mba. Saya masih perdana dengar buku ini. Buku ini mesti sarat ilmu jika tersebar lebih luas. Btw, dulu saya pernah punya cita jadi pustakawan, Mba. Mesti menyenangkan berada bersama buku setiap waktu.

    BalasHapus
  2. Saya suka dengan tanaman hias, tapi sayangnya moody, klo lagi rajiin sampai cari2 ke hutan, dan rajin rawat plis kasih vitamin2...tpi klo lagi punya keasyikan lain... Otomatis asal basah tanah aja. Hehe. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus

Posting Komentar