Juznia's Blog

Mengenal Buku Antikuariat

2 komentar

 Buku Antikuariat di PUSTAKA

Teman-teman tentunya sering mendengar kata buku tua, namun jarang yang melihat bentuk fisiknya. Di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA)  yang berlokasi di Jln. Juanda no 20 Bogor, teman teman dapat melihat dan mempelajari bagaimana bentuk fisik buku kuno serta cara merawat buku kuno tersebut. Dari testimoni pemustaka mereka kaget kok buku dicuci, dijemur dan dilaminasi. Teman teman penasaran juga kan? Ayo datang ke PUSTAKA agar melihat secara langsung proses merawat buku.

Berdiri pada tahun 1842, PUSTAKA dahulu bernama Bibliotheca Bogoriensis. Berawal dari 25 judul buku kepunyaan peneliti di lingkungan Kebun Raya Bogor pada masa itu yang rajin berkorespondensi dengan kolega di luar negeri, Akhirnya terkumpul banyak buku kiriman dari kolega dan dikumpulkan di  perpustakaan yang menjadi cikal bakal Bibliotheca Bogoriensis. Buku buku tersebut menjadi koleksi PUSTAKA dan disebut buku antikuariat. Di PUSTAKA ada sekitar sepuluh ribu buku yang usianya lebih dari 50 tahun.  

Kalau penasaran tentang buku antikuariat, bisa lihat tulisan saya yang dimuat di Republika online. Yuk kita langsung kunjungi linknya.

https://www.republika.co.id/berita/r8rinn483/harta-karun-tersembunyi-di-pustaka-bogor

Teman teman, saya kasih info ya. PUSTAKA berada di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian mempunyai mandat  untuk mendiseminasikan informasi hasil teknologi pertanian. Bagi teman teman yang memerlukan informasi pertanian, kami tunggu kunjungannya baik secara fisik ke PUSTAKA  maupun secara online memanfaatkan fasilitas yang tersedia di PUSTAKA. Bisa kunjungi web kami pustaka.setjen.pertanian.go.id

Salam literasi.

Juznia Andriani
Assalamualaikum teman teman . Salam literasi. Perkenalkan saya Juznia pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Saya sangat menyukai dunia literasi, saya beranggapan dengan literasi akan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hobi saya membaca dan menulis serta traveling. Dengan membaca akan menambah wawasan, dengan menulis akan berbagi pengalaman ditambah traveling akan menambah semangat atau energi baru untuk berkarya.

Related Posts

2 komentar

  1. Wah...saya baru denger nih mbak buku antikurat, jadi mbak buku-buku ini bisa kita cari di PUSTAKA ya, makasih ya mbak. Saya segera berkunjung.

    BalasHapus
  2. Informasi bermanfaat biat anak saya yg sedang nyusun karya tulis tentang pertanian, nih. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus

Posting Komentar