Juznia's Blog

Legenda Kawah Sikidang

Legenda Kawah Sikidang


Juznia Andriani

Di dataran tinggi Dieng hiduplah Putri Shinta Dewi yang cantik jelita. Banyak pangeran ingin mempersuntingnya tetapi selalu gagal. Putri Shinta Dewi meminta mas kawin yang tinggi, sehingga para pengeran tidak dapat memenuhinya.

Kecantikan Putri Shinta Dewi terdengar oleh Pangeran Kidang Garungan dan ingin menyuntingnya. Pengawal dan utusan kerajaan disiapkan untuk melamar Putri. Pangeran menitahkan utusan berapapun mas kawin yang diminta Sang Putri akan dipenuhi.

Putri Shinta Dewi menerima lamaran Pangeran. Sang puteri berfikir betapa senangnya menikah dengan pangeran kaya raya. Mendengar laporan utusan, Pangeran menyuruh pengawal menyiapkan segala perlengkapan maskawin untuk dibawa saat menemui Putri Shinta Dewi.

Pangeran Kidang Garungan datang membawa mas kawin yang sangat banyak. Putri Shinta Dewi sangat terkejut melihat wujud Pangeran. Ternyata Pangeran bersosok manusia tetapi mempunyai wajah kidang atau kijang. Putri berpikir cara menolak Pangeran. Akhirnya Putri memberi syarat kepada Pangeran untuk membuat sumur selesai esok hari dan harus dikerjakan sendiri. Pangeran dengan kesaktiannya bekerja dengan cepat membuat sumur. Saat pangeran bekerja , Putri memerintahkan pengawal dan dayang dayang untuk menimbun sumur tersebut. Pangeran di dalam sumur terjebak dan berusaha untuk keluar sampai tanah meledak dan berhamburan. Namun usaha itu tidak berhasil. Sejak saat itu sumur yang meledak menjadi kawah dan diberi nama Kawah Sikidang.

Pojok hikmah : Putri Shinta Dewi ingkar janji dan tidak mempelajari dahulu sebelum membuat keputusan.

Profil Penulis
Juznia Andriani, pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran teknologi Pertanian. Banyak menulis buku antologi. Korespondensi andrianijuznia@gmail.com.

Sumber referensi:
Legenda Kawah Sikidang. Ceritarakyatnusantara .com
Asal Usul Kawah Sikidang Dieng. Kitasahabat.com
Begini Asal usul Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng. Semarangpos.com

Juznia Andriani
Assalamualaikum teman teman . Salam literasi. Perkenalkan saya Juznia pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Saya sangat menyukai dunia literasi, saya beranggapan dengan literasi akan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hobi saya membaca dan menulis serta traveling. Dengan membaca akan menambah wawasan, dengan menulis akan berbagi pengalaman ditambah traveling akan menambah semangat atau energi baru untuk berkarya.

Related Posts

Posting Komentar