Juznia's Blog

KID CORNER

Posting Komentar
Kid corner, tempat belajarku.

Suatu siang pukul 10, enam anak SD berkunjung ke PUSTAKA. Mereka adalah pengunjung tetap yang hampir tiap hari datang ke PUSTAKA. Hari mereka datang lebih awal. Ternyata satu minggu ini mereka sedang menjalani ujian tengah semester.

“Selamat pagi. Tumben jam 10 sudah datang” tanya petugas.

“Iya Bu. Soalnya kan lagi UTS, jadi pulangnya cepet” jawab Maya.

“Mau langsung ke kid corner boleh nggak” tanya Dea, temannya.

“Silakan aja. Tapi isi buku tamu dulu ya “ jawab petugas.

“Ok. Siap” jawab Dea jenaka.

Kunjungan yang rutin telah menimbulkan hubungan yang akrab antara petugas dan pengunjung. Mereka sering bercerita dan meminta petugas untuk mengajari sesuatu mata pelajaran yang mereka masih kurang paham. Disinilah peran pustakawan sebagai fasilitator untuk membantu pengguna.

Ruang kid corner menjadi ruang favorit mereka untuk melepaskan penat sehabis ujian dan tempat untuk belajar. AC dan ventilasi yang cukup serta karpet yang terhampar sangat cocok untuk beristirahat sekaligus belajar serta diskusi. Sesekali terdengar mereka membahas adaptasi pada binatang. Bila ada perbedaan pendapat mereka langsung mencari buku yang berisi tentang adaptasi binatang. Gambar yang menarik serta bahasa populer pada buku membuat mereka belajar tanpa rasa terpaksa atau capai. Bila ada yang kurang paham mereka bertanya pada petugas.
Ini adalah salah satu proses literasi yang diterapkan pada siswa SD.
Juznia Andriani
Assalamualaikum teman teman . Salam literasi. Perkenalkan saya Juznia pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Saya sangat menyukai dunia literasi, saya beranggapan dengan literasi akan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hobi saya membaca dan menulis serta traveling. Dengan membaca akan menambah wawasan, dengan menulis akan berbagi pengalaman ditambah traveling akan menambah semangat atau energi baru untuk berkarya.

Related Posts

Posting Komentar